Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

10 Tips Interview Kerja yang Sukses Bikin Perekrut Terpikat

9
×

10 Tips Interview Kerja yang Sukses Bikin Perekrut Terpikat

Sebarkan artikel ini
10 Tips Interview Kerja yang Sukses Bikin Perekrut Terpikat
Example 468x60

Setelah mengirim puluhan CV ke sana ke mari, akhirnya kamu dapat panggilan interview kerja. Memang sulit untuk bisa lolos screening CV. Menurut data glassdoor.com, hanya 2-3% pelamar yang berhasil lolos screening CV dan mendapat panggilan interview kerja. 

Karena proses yang nggak mudah, tentu kamu mau tahapan interview ini berjalan dengan lancar dan baik. Terlebih jika ini adalah interview kerja pertamamu sebagai fresh graduate. Pasti bingung, deg-degan, bahkan mungkin overthinking.

Example 300x600

“Duh, lusa interview kerja pertamaku. Harus gimana, ya?”

Tenang, nggak perlu overthinking. Yang harus kamu lakukan adalah belajar dan mempersiapkan diri dengan baik. Ingat ungkapan “hasil tidak akan menghianati usaha”? Jadi berusaha dulu saja, nanti hasil terbaik akan mengikuti.

Untuk hasil lebih baik, kamu bisa mengikuti 10 tips interview kerja berikut ini!

1. Tepat waktu

Tips interview kerja yang pertama adalah tepat waktu. Ini penting untuk diperhatikan baik interview online atau offline. Datang tepat waktu memberi kesan kamu punya antusias, semangat, dan disiplin. Jika interview dilakukan secara offline, kamu bisa datang ke kantor lebih cepat. Misalnya, 15 menit sebelum waktu interview, kamu sudah ada di tempat. Biar nggak terlambat dan bingung, kamu bisa cari tahu lokasi kantor sehari sebelumnya.

Jika interview dilakukan secara online, maka kamu harus standby untuk masuk room yang telah disediakan. Masuk duluan dan menunggu perekrut juga nggak apa-apa. Intinya, jangan sampai terlambat dan membuat HRD menunggu. Ini bisa merusak mood perekrut dan memberi kesan pertama yang kurang baik. Jangan lupa untuk mempelajari platform interview yang digunakan untuk mengurangi gangguan teknis saat wawancara berlangsung.

2. Berpakaian sopan dan rapi

Saat melakukan interview, HRD menilai banyak hal. Termasuk cara berpakaian. Karena itu, gunakan pakaian yang sopan dan rapi. Agar kamu terlihat profesional dan nyaman dipandang.

“Emang kenapa kalau bajunya nggak sesuai?”

Dilansir dari inc.com, 71% perekrut memilih untuk tidak mempekerjakan seseorang yang berpakaian tidak sesuai aturan. Sayang, kan, kalau kesempatan kamu bekerja hangus hanya karena cara berpakaian yang kurang sesuai?

Tipsnya, lihat gaya berpakaian orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian sesuaikan.

“Kalau interview-nya online nggak perlu, kan, ya?”

Hm, meskipun interview-nya online, ini juga tetap berlaku, ya. Terlebih jika interview-nya on camera. Pasti perekrut tetap melihat penampilan kamu. Jadi meskipun online, pakailah baju yang rapi & sesuai, sisiran, dandan seperlunya agar terlihat fresh. Pastikan juga kamu memilih tempat interview yang nyaman, pencahayaannya bagus, nggak bising, backgroundnya rapi, dan koneksi internetnya stabil. 

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *