Antisipasi Covid-19, Kepala Desa Tanjung Medan Dirikan Posko Sterilisasi dan Penyemprotan Disinfektan

Media Analis Indonesia, Labuhanbatu – Guna antisipasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di masyarakat khususnya Desa Tanjung Medan , Kapala Desa Tanjung Medan mendirikan posko strilisasi pencegahan Covid-19, Selasa (14/4/2020).

Berbagai upaya dilakukan warga di Kabupaten Labuhan Batu Selatan sebagai penanganan penyebaran pandemi Covid-19. Mulai penyemprotan disinfektan dan pemberian sabun cuci tangan terus dilakukan oleh pemerintah maupun relawan hingga ke pelosok desa.

Read More

Sementara di Desa Tanjung Medan, Kecamatan Kampung Rakyat. Pemerintah Desa setempat membuat posko penjagaan ketat di sertai sejumlah petugas dengan membawa alat penyemprotan bersiaga di jalan masuk menuju desa untuk pemeriksaan dan sterilisasi.

Ini adalah salah satu dari upaya Pemerintah Desa dalam kewaspadaan dan penanggulangan bencana wabah virus Corona. Sebelumnya kita juga sudah melakukan penyemprotan ke seluruh wilayah dan membangun Posko Siaga Covid-19, namun kita juga perlu melakukan sterilisasi setiap siapapun yang masuk ke Desa.

Dengan demikian, diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid -19) yang sama-sama kita ketahui saat ini menjadi permasalahan dunia.

Setiap kendaraan wajib disemprot dengan cairan disinfektan demikian juga warga yang akan masuk ke desa itu wajib mencuci tangan dengan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) yang tersedia diposko tersebut, sedangkan relawan desa yang berada diposko bertugas memeriksa identitas warga dan jika ditemukan ada warga pendatang tidak diijinkan masuk melainkan dilaporkan kedinas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Beberapa petugas gabungan yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa,Polsek,LKS dan KTNA dan juga petugas Puskesmas standby di dalam posko Covid-19. Mereka pun terus siap siaga selama 24 jam.

 

(Hendra Harahap)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *