Tiga Kali Berturut-turut, Pemkab Asahan Kembali Menyabet Opini WTP

Media Analis Indonesia, Kisaran – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Asahan terus raih Prestasi gemilang, kali ini untuk kesekian kalinya tiga kali berturut-turut di 3 tahun terakhir Pemkab Asahan menyabet Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas sehatnya keuangan kabupaten Asahan dalam laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Tahun anggaran 2017,c2018 dan 2019.c

Hal ini sesuai dengan hasil dari badan pemeriksa keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara (Sumut). Demikian disampaikan oleh Kadis Kominfo Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos M.Si dalam keterangan persnya, Jumat (17/4/2020) di Kisaran.

Read More

Dalam petikan tentang WTP, Kadis Kominfo Asahan Rahmat Hidayat Siregar juga menjelaskan, BPK RI Perwakilan Sumut telah menyerahkan hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemkab Asahan Tahun Anggaran 2019 melalui Video Coferance (VidCon) kepada Pemkab Asahan yang diikuti Bupati, Sekda, Ketua DPRD Asahan dan seluruh OPD di ruang kerja Bupati Asahan.

Dalam VidCon itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan,SE,MM,Ak,CA,CSFA mengatakan, bahwa pemeriksaan LKPD yang dilakukan BPK RI perwakilan Sumut untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Asahan dengan memperhatikan kesesuaian Laporan Keuangan dengan Standar Akutansi Pemerintahan, Efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan” jelasnya.

“BPK RI Perwakilan Provsu, juga memberikan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Asahan dan DPRD yang telah bekerja keras sehingga dalam 3 tahun berturut-turut Pemerintah Kabupaten Asahan memperoleh Opini WTP,” sebut Eydu.

Sementara itu, Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sumut yang telah mengirimkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) melalui surat elektronik dan memberikan opini WTP kepada Pemerintah Kabupaten Asahan. Hal ini juga tak terlepas juga dari keseriusan kami dan saya ucapan terimakasih juga kepada DPRD Asahan dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Asahan yang telah membantu pemerintah, sehingga Pemkab Asahan menerima opini WTP atas LKPD di tiga tahun secara berturut-turut,” ungkap Bupati.

(H. H.R.P)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *