Bupati Mesuji Jelaskan Betapa Pentingnya Jabatan Sekda di Pemerintahan Daerah

Media Analis Indonesia, Mesuji – Bupati Mesuji Saply TH, menilai, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) merupakan jabatan yang sangat penting, karena jabatan tersebut merupakan jabatan tertinggi bagi ASN.

Sekda adalah Sekretaris Bupati, sebagai wakil pemerintah di daerah. Bupati menyampaikan hal ini pada pelantikan Syamsudin S.Sos sebagai Sekda Kabupaten Mesuji, yang bertempat di rumah Bupati, Kamis (04/06/2020).

Read More

Hadir dalam pelantikan, Ketua Tim Penggerak PKK, Forkopimda dan seluruh pimpinan OPD lingkup Pemerintah Mesuji.

Dalam sambutannya, Saply TH mengatakan selamat bertugas, dapat mengemban amanah sebaik-baiknya dan proses pengisian jabatan Sekda pemerintahan Mesuji telah dilakukan melalui tahapan-tahapan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Dimana proses seleksi terbuka, hingga akhirnya ditetapkan melalui keputusan Bupati.

Saply menambahkan, karena kedudukan Sekda yang sangat strategis maka dilakukan seleksi terbuka secara kompetitif dan sudah memenuhi standar kompetensi. Oleh karena itu, Sekda harus memiliki kecerdasan intelektual kuat serta kecerdasan emosional dan spiritual yang memadai.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Saply menginstruksikan beberapa hal diantaranya segera melakukan evaluasi terhadap seluruh kebijakan program pemerintah efektif, efisien dan akuntabel.

“Pastikan program berpihak kepada rakyat dalam pengentasan kemiskinan, penurunan angka pengangguran, dan peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan,” tuturnya.

“Sekda juga harus mampu mendorong investasi, perkuat komunikasi dan kolaborasi secara efektif dan harmonis,” kata Saply.

Bupati Mesuji berharap Sekda dapat memperkuat koordinasi, komunikasi, secara efektif dan harmonis. Bukan kepada pemimpin pemerintahan saja, tetapi juga terhadap DPRD Mesuji, instansi vertikal untuk kepentingan daerah.

“Sekda diharapkan juga untuk bisa wujudkan tatakelola keuangan daerah yang bersih, melakukan penataan birokrasi dan persiapan ASN menjadi sumber daya aparatur yang bekerja secara profesional, melayani masyarakat dengan hati,” tegas Saply.

(Komarudin)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *