Membangun Model Bisnis Bank Digital untuk Menghadapi Disrupsi Ekonomi

Media Analis Indonesia, Tegal – Disrupsi ekonomi merupakan salah satu isu yang sangat santer terdengar saat ini. Akan tetapi, Indonesia belum memberikan respon yang baik terhadap tantangan disrupsi ekonomi. Padahal, peningkatan pengguna internet dapat menjadi peluang perkembangan ekonomi digital Indonesia terlebih selama pandemi COVID-19.

Transformasi digital dalam dunia perbankan merupakan salah satu contoh disrupsi ekonomi. Saat ini, digitalisasi menjadi strategi prioritas industri perbankan di seluruh dunia dan merupakan syarat yang diperlukan agar tetap berada di pasar sehingga semakin banyak lembaga pembiayaan yang bertransformasi menjadi bank digital dengan menerapkan teknologi baru ke dalam sistem operasi.

Read More

Bagi bank yang beroperasi menggunakan model bisnis tradisional akan semakin sulit bersaing dengan bank digital.

Ada dua jenis bank digital di Indonesia, yaitu pertama, bank baru yang menerapkan digital secara penuh. Kedua, transformasi bank eksisting menjadi bank digital. Model bisnis bank digital dapat dikatakan sebagai model inisiatif yang menerapkan teknologi secara ekstensif pada layanan perbankan ritel.

Salah satu perbankan di Indonesia yang mulai merambah ke model bank digital ini yaitu Permata Bank, dimana bank tersebut membangun cabang bank berbasis digital secara penuh yang melayani registrasi hingga transaksi melalui aplikasi digital Permata Mobile X.

Ada beberapa faktor-faktor sukses membangun bisnis bank digital antara lain yaitu:

Fokus pada Nilai Sebenarnya
Perusahaan masih sering tergoda untuk meniru model bisnis yang sudah ada tanpa memperhatikan nilai yang sebenarnya. Pendekatan untuk meniru suatu model perlu menganalisis peluang nilai pendorong di setiap wilayah pasar, seperti melakukan analisis pendapatan pelanggan perbankan yang dapat menunjukkan perbedaan dalam peminatan produk perbankan. Angka akumulasi tren akses pendanaan berbasis teknologi di Indonesia mencapai Rp 155,90 triliun per Desember 2020, naik 91% YoY.

Peluang individu usia produktif untuk melakukan pinjaman hingga tahun 2020 bahkan mencapai ada 186 juta individu. Perbankan konvensional yang ada di Indonesia sebaiknya melihat peluang untuk menciptakan model bisnis digital yang berfokus pada kegiatan kredit.

Regulasi  Industri Digital yang Mendukung

Elemen penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah regulasi. Cina, misalnya, telah menjadi inovator terkemuka dalam perbankan digital karena lingkungan peraturan yang dapat mendorong.

Di Uni Eropa, terdapat undang-undang yaitu GDPR-2016/679 yang mengatur tentang perlindungan data pribadi dan privasi warga negara yang diunggah secara online dan transfer data pribadi ke luar wilayah negara.

Indonesia saat ini masih belum memiliki kebijakan atau regulasi khusus mengenai perlindungan data pribadi yang diungah secara online, sehingga jika terdapat penggunaan data pribadi tanpa izin dari orang yang bersangkutan, maka orang tersebut perlu mengajukan gugatan atas yang kerugian yang ditimbulkan.

Secara Konsisten Menguji Pengalaman Pelanggan

Meluncurkan bisnis perbankan digital baru yang sukses membutuhkan perpaduan antara penelitian konsumen tradisional dan penelitian real-time tentang perilaku dan masalah pelanggan secara individu yang dapat diukur dengan Minimum Viable Product (MVP) dan mengkaji apa yang membuat pengalaman pelanggan dapat meningkat. Pengujian pengalaman pelanggan secara nyata sangat penting untuk mengetahui produk apa yang sebenarnya dihargai oleh pelanggan bukan pelanggan menghargai suatu produk yang diluncurkan.

Beberapa teknik MVP antara lain yaitu customer interviews, A/B test, AD campaign, piecemeal MVPs, dan manual-first.

Membangun Kreativitas, Fleksibilitas dan Kecepatan

Misalnya, meningkatkan secara bertahap untuk menyertakan lebih banyak staf yang ahli di bidang teknologi. Kemudian mengumpulkan tim untuk bekerja dalam satu ruangan agar dapat mencurahkan pendapat secara langsung. Alih-alih bolak-balik yang biasanya terjadi antar departemen, berkumpul dalam satu ruangan memungkinkan pengambilan keputusan yang cepat dan efisien tentang spesifikasi teknis produk.

Menciptakan Ekosistem Kemitraan

Fintech dan e-commerce semakin dianggap sebagai mitra bank untuk beralih ke transformasi digital yang cepat karena nilai kemajuan teknologi dan inovasi yang besar yang dimiliki. Contoh platform perbankan digital seperti Alipay. Alibaba mengawali model bisnis bank digital melalui platform e-commerce “Taobao”.

Alipay merubah model bisnis platformnya menjadi platform pembayaran pihak ketiga, dan kemudian berkembang ke bisnis peminjaman, dan lain-lain.

Membuat Buat Model Operasi Information Technology Two-Speed

Agar dapat menerapkan pendekatan test-and-learn dan siklus rilis yang pendek untuk meluncurkan dan mengoperasikan bank digital yang kompetitif sangat diperlukan dua sistem information technology yang terpisah namun tetap terintegrasi.

Berkreasi dengan Pemasaran
Jaman sekarang media sosial merupakan salah satu tempat terbaik untuk memasarkan produk dan untuk mendapatkan umpan balik pelanggan ataupun calon pelanggan.

Dilansir dari website dataportal.com, Indonesia menduduki posisi ke-9 tingkat dunia dalam penggunaan aktivitas sosial media.

(Oleh: Diah Kurniasih
Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal) 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *