BAZNAS Labusel Rencanakan Pelatihan Imam dan Khatib Masjid, Ini Tujuannya

Media Analis Indonesia, Labusel – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Labuhan Batu Selatan (Labusel) berencana akan menggelar pelatihan bagi Imam dan khatib Masjid sebulan sekali. Pelatihan dilakukan untuk menambah ilmu dan wawasan mereka.

Pelatihan ini sudah kedua kalinya diselenggarakan di Kecamatan Torgamba. Pelatihan ini dianggap penting karena perlu adanya standarisasi para imam dan khotib. Dan menambah pengalaman, keilmuan, dan wawasan para imam dan khotib masjid di Labusel. Para imam masjid juga diharap dapat terus memberikan syiar dan dakwah rahmatan lil ‘alamin kepada masyarakat.

Read More

Saat di konfirmasi oleh Media Analis Indonesia senin (06/07/20), H. Khaldunsyah selaku pemateri menyampaikan pentingnya imam dan khotib dititikberatkan terhadap pembacaan lafadz baik saat menjadi imam maupun khotib.

“Yang biasa kita dengarkan saat sholat jum’at, kurang fasihnya tajwid pembacaan surah-surah pendek,” terangnya.

Ketua Baznas juga menegaskan jika imam juga harus ditanamkan nilai-nilai Pancasila yang cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu penguasaan keislaman juga menjadi materi lain yang akan disampaikan.

Ditambahkannya, khatib telah dianggap memiliki peranan yang begitu penting, salah satunya adalah dalam dunia pendidikan, terutama di era modern yang kebanyakan masyarakatnya berada dalam kondisi moral yang memprihatinkan serta terjadinya pengikisan nilai-nilai luhur budaya yang terdapat dalam masyarakat.

Dengan demikian, menurutnya menjadi seorang khotib merupakan suatu tugas yang mulia, dan tidak semua orang bisa menjadi seorang khotib, dan untuk menjadi khotib diperlukan pribadi yang mampu memenuhi berbagai macam syarat.”tutupnya.

(Hendra Harahap)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *