Anggota DPRD Sumut Bersama Pemkab Palas Sosialisasikan Perda Tindak Kekerasan

  • Whatsapp

Media Analis Indonesia, Palas – Anggota DPRD Sumut, Drs. Parsaulian tambunan M.Pd laksanakan Pembinaan Sosialisasi Perda Sumut no 3 tentang tindak kekerasan.

Acara Pembinaan dan sosialisasi tersebut sekaligus mensosialisasikan peraturan daerah sumatera Utara No 3 tahun 2019, tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan, yang bertempat di ruangan lokal SD.N. Desa Pir Trans Sosa 1 A. Kecamatan Sosa Timur, Kabupaten Padang lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara, (Sumut), Senin (10/05/2021)  yang di mulai pukul 10.00.wib. sampai selesai.

Read More

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK, yang diwakili oleh Wakapolres Palas, Kompol. JW Sijabat SH, didampingi Kapolsek Sosa, AKP GM Siagian, Bupati Padang Lawas di wakili plt. Kadis Sosial Palas, Ahmad fauzan nasution, ketua DPD AMPI Palas, sekaligus pemateri dalam acara tersebut Mardan Hanafi Hasibuan SH,  camat Sosa timur Darwin Simatupang S.Sos, serta unsur muspika Sosa timur dan juga rombongan serta para tamu dan undangan lainnya.

Pantauan para awak media, kegiatan pelaksanaan ini tetap memperhatikan anjuran Protokol Kesehatan (Prokes) dengan memperhatikan tiga M. Mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Dan acara berjalan dengan lancar hingga acara selesai.

Camat Sosa timur Darwin simatupang dalam mengawali sambutannya mengatakan, ucapan selamat datang kepada bapak Parsaulian Anggota DPRD Sumut dari Partai Nasdem atas kedatangannya ke ujung provinsi Sumut berbatas dengan Riau, yaitu daerah Sosa timur ini,” ujar camat.

Lebih lanjut Darwin mengatakan, “kita boleh berbangga hati dapat arahan nantinya dari anggota DPRD Sumut dan wakapolres Palas  dan kadis sosial pemerintah kabupaten Padang lawas.yang telah sudi meringankan langkah serta berbagi wawasan juga arahanan kepada peningkatan hidup dan kehidupan,” tutup Darwin selaku Camat Di Kecamatan Sosa Timur.

Sementara Kapolres padang lawas AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK. Melalui Waka Polres Palas, Kompol JW Sijabat, SH menyampaikan bimbingan dan arahannya, terkait tentang kekerasan dalam rumah tangga yang seyogianya harus adil dan seimbang dalam manjalankan roda rumah tangga, jangan sampai ada kesenjangan dalam rumah tangga,” Tutur Waka Polres Palas.

Ketua Komnas Perlindungan Perempuan dan Anak Palas. Mardan Hanafi Hasibuan SH, Saat memaparkan perda tersebut kepada peserta sosialisasi.

Dikesempatan sama, Bupati Padang lawas H. Ali Sutan Harahap, lewat Kadis Sosial Palas, Ahmad Fauzan nasution. Menyampaikan hal yang sama dan menambahkan metode di dalam rumah tangga agar kekerasan rumah tangga tidak terjadi harus kita saling memaklumi antara suami dan istri supanya keredupan emosi dapat terkendalikan. Sebut Plt Kadis Sosial Palas.

“Sehingga keharmonisan tertuang di suatu keluarga yang di dambakan yaitu sakinah mawadah dan warohmah , berarti tidak perlu adanya perda prov Sumut no 3 tahun 2019 kalaulah ini tertuang di dalam keluarga”, Ucap Ahmad Fauzan selaku Plt Kadis Sosial Kabupaten Palas.

Sedangkan Dalam sambutan aggota DPRD Sumut, Drs. Parsaulian tambunan M.Pd. mengatakan pentingnya kekerasan rumah tangga dapat di redam dengan beberapa cara agar dapat di antisipasi, beberapa pemaparan yang saya sampikan ini hendaknya jangan sampai hanya pada agenda dan wacana sehingga hanya meninggalkan dokumentasi tanpa adanya wujud nyata dalam pelaksanaan di lapangan tentang pembinaan sosialisasi tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Parsaulian.

Ditambahkannya, “Sekarang ini memang kadang sangat kita sayangkan tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terjadi tampa ada pemnatasan dan penyeimbang di dalam tindakan yang di luar dari pada batas kewajaran sehingga pera pelaku merajalela dalam melakukan aksinya.”

Melalui perda prov. Sumut no 3 tantang kekerasan terjahadap perempuan dan anak akan ada penyeimnang dalam membatasi tindakan kekerasa tersebut,” tutup anggota DPRD Sumut tersebut.

Setelah itu, Acara di lanjutkan dengan pemaparan tentang perda no 3 tahun 2019 oleh ketua komnas perlindungan kekerasan terjadap perempuan dan anak oleh Mardan hanafi hasibuan dan sesi tanya jawab di lanjutkan dengan pembagian sembako pemberian Drs. Parsaulian tambunan M.Pd kepada para peserta sosialisasi. (081)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *