Korem 162/WB Cek Persiapan Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana Tahun 2021

Media Analis Indonesia, Mataram – Menindak lanjuti perubahan musim yang pada saat ini telah masuk musim penghujan. Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama TNI-Polri melaksanakan berbagai persiapan mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi maupun tsunami.

Berkenaan dengan itu TNI Jajaran Korem 162/WB melaksanakan pengecekan kesiapan melalui Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana Tahun 2021 dipimpin Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., di lapangan Sangkareang jalan Pejanggik kota Mataram, Kamis (25/11/2021).

Read More

Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana melibatkan personel TNI, Polri jajaran Polda NTB, Tagana, Basarnas, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, Anggota Pramuka dan relawan URC. Selain kesiapan personel, dilaksanakan juga pengecekan perlengkapan maupun peralatan yang dibutuhkan dalam penanggulangan bencana.

Danrem 162/Wira Bakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani S.sos. SH. M.Han., dalam arahannya menyampaikan, beberapa wilayah di NTB kerap terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor. Dengan datangnya musim hujan dan cuaca ekstrim belakangan ini sehingga perlu adanya upaya dan kesiapan bersama untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana alam.

Karenanya, melalui apel gelar ini dilakukan pengecekan kesiapan baik personil maupun materiil sehingga apabila terjadi bencana alam pola penanggulangannya telah disiapkan untuk membantu masyarakat yang tertimpa bencana secara cepat dan tepat.

“Perlu diketahui bahwa Tugas pokok TNI di samping perang, juga membantu masyarakat dalam rangka tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi pasca terjadinya bencana alam,” tegas Danrem.

Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani juga menghimbau seluruh masyarakat agar dalam situasi cuaca yang cukup ekstrim dan hujan ini untuk lebih berhati-hati saat keluar rumah serta mengantisipasi terjadinya angin kencang dan pohon tumbang guna mencegah resiko terjadinya korban.

Selain itu, alumni Akmil 1993 ini juga mengingatkan kepada seluruh pihak agar senantiasa mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 dalam melaksanakan tugas maupun kegiatan sehari-hari.

“Saya berharap kepada seluruh prajurit yang bertugas agar melakukan kegiatan ini dengan penuh keikhlasan dan Insya Allah tugas ini adalah bagian dari ibadah kita,” paparnya.

Usai memberikan arahan, Danrem 162/WB bersama Waka Polda NTB, Sekda Provinsi NTB, Danlanud ZAM, Danlanal Mataram, Walikota Mataram, Dandim 1606/Mataram, Kapolresta Mataram, Kadikes, Kadisos dan Kalak BPBD mengecek kesiapan personil seluruh instansi terkait serta materiil seperti kendaraan dan perlengkapan lain yang akan digunakan selama proses penanganan bencana.

“Alhamdulillah kami sudah melakukan pengecekan personil dan materiil dan Insya Allah telah siap. Upacara seperti ini juga akan kami teruskan hingga ke kabupaten kota se NTB,” pungkas Ahmad Rizal.

Sekda Provinsi NTB, Lalu Gita Aryadi, menyatakan perlunya
waspada bencana dan antisipasi hydrometeorologi yang terjadi tiap tahun. Puting beliung, tanah longsor dan banjir yang nenerlukan kesiapan aparat dan dukungan semua pihak seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan yang selalu siap siaga dibawah komando Korem 162/WB.

Sementara Walikota Mataram mengatakan telah melakukan
Pemetaan potensi bencana. Hal ini telah diantisipasi untuk penanganan bencana. “Kami siap dengan segala persiapan sumberdaya dan Kesiapan menghadapi bencana yg mungkin terjadi,” Ujarnya mengakhiri.
(Yyt)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *