Upaya Menciptakan Budaya Sadar Pajak pada Kalangan Akademia

Wiwit Apit Sulistyowati, M.Si & Nada Nur Janah

Media Analis Indonesia, Cirebon – Generasi muda Indonesia merupakan generasi penerus bangsa. Sebagai penerus bangsa, peran aktif generasi muda sangat diperlukan dalam meningkatkan kemajuan bangsa diberbagai aspek kehidupan masyarakat khususnya dalam hal pembangunan. Upaya pembangunan dapat tercapai apabila didukung dengan ketersediaan faktor pembiayaan.

Faktor yang membiayai pembangunan negara terbesar adalah pajak. Pajak merupakan salah satu sumber utama pendapatan negara yang menunjang berbagai kegiatan perekonomian, menggerakkan roda pemerintahan, serta menyediakan fasilitas bagi masyarakat.

Read More

Indonesia dapat berkembang bahkan maju apabila pendapatan negaranya dapat dikontrol dengan baik, khususnya melalui aspek perpajakan yang merupakan salah satu pendapatan utama negara.

Pajak merupakan suatu hal yang penting bagi negara Indonesia, karena pajak sendiri merupakan sumber penerimaan dan pendapatan negara terbesar, dimana pajak memberikan kontribusi besar bagi keberlangsungan kehidupan di negara ini.

Maka dari itu, sebagai bagian dari generasi muda, Tax Center Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon berupaya menjadi perantara dalam membangun kesadaran mahasiswa/i akan pentingnya kesadaran dan ketaatan pajak melaui penyelenggaraan CIREBON TAX FESTIVAL 2022 : Tingkat Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (Kompetisi Pajak Nasional 2022) kompetisi yang diselenggarakan dalam rangka program kerja tahunan Tax Center Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon yang selaras dengan program kerja tahunan Kanwil DJP Jawa Barat II, KPP Pratama Cirebon Satu dan Dua.

Adapun tujuan dan manfaat dari kegiatan tersebut yaitu memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman generasi muda mengenai perpajakan, mewujudkan program kerja tahunan Tax Center Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, menumbuhkembangkan bakat dan budaya serta kecapakapan dalam berdiskusi dan berkompetisi, serta mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa di perguruan tinggi khususnya dalam komunitas di bidang perpajakan.

Cirebon Tax Festival 2022 mempunyai serangkaian kegiatan yaitu Kompetisi Pajak Nasional 2022 dan Webinar Nasional sebagai penutup dari serangkaian kegiatan Cirebon Tax Festival 2022 ini.

Pelaksanaan Cirebon Tax Festival 2022 yang diselenggarakan pada hari Senin-Rabu tanggal 22-24 Agustus 2022. Dimulai dari kegiatan Kompetisi Pajak Nasional 2022 atau yang biasa kami singkat menjadi KPN 2022 dengan tema “Let’s Start a New Hope With The Milenial Tax Gerneration”, dimana kegiatan ini terbuka untuk seluruh mahasiswa diseluruh Indonesia yang mempunyai potensi dalam perpajakan.

Kompetisi Pajak Nasional 2022 dilaksanakan secara virtual (online) melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting sesuai wilayah dan tempat tinggal masing-masing peserta lomba, namun acara Kompetisi Pajak Nasional ini ditahun 2019 diadakan secara offline, semenjak pandemic kegiatan ini kami adakan secara online untuk menghindari penyebar covid-19.

Adapun serangkaian kegiatan Kompetisi Pajak Nasional 2022 yaitu dimulai dengan pendaftaran peserta melalui google form yang perlu diisi oleh peserta dengan mengisi identitas diri dan nama team.

Antusias dari peserta Kompetisi Pajak Nasional 2022 sangat besar sehingga hasil  dari pendaftaran peserta Kompetisi Pajak Nasional 2022 didapatkan jumlah peserta sebanyak 44 team dimana setiap timnya beranggota 3 orang dari Perguruan Tinggi di Indonesia  Serangkaian kegiatan Kompetisi Pajak Nasional 2022 selanjutnya yaitu Technical Meeting secara online melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting.

Di hari berikutnya mulai pelaksanaan Kompetisi yaitu babak penyisihan secara online melalui Zoom Clouds Meeting serta Ruang Dosen.

Pada babak ini semua peserta (44 tim) akan mengikuti 2 tahapan pada yaitu pilihan ganda dan teka teki silang. Pada babak ini peserta yang akan lanjut pada babak selanjutnya diambil sebanyak 20 team.

Pada babak selanjutnya yaitu babak semi final secara online melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting. Peserta yang lolos babak semifinal dan berhak lanjut ke babak final sebanyak 6 tim.

Pada babak final ini dilakukannya debat pajak antar team yang lolos, dimana setiap sesi debat ini dilaksanakan sebanyak 2 team dengan team pro dan kontra yang telah dipilih secara acak dengan menggunakan spinner.

Dan pemenang pada babak akhir ini diambil 4 team, yaitu juara 1 dari team sidodari (PKN STAN), juara 2 dari team Perbanas (Perbanas Institute), juara 3 dari team ABC (PKN STAN), serta harapan 1 dari team Ceria (Universitas Surabaya).

Cirebon Tax Festival 2022 ditutup dengan kegiata webinar nasional yang bertemakan “Peranan Pajak dan Implikasi UU HPP terhadap Perekonomian Indonesia Pasca Pandemi Covid 19″ yang terbuka untuk seluruh mahasiswa dan umum.

Jumlah peserta yang mengikuti acara Seminar Nasional adalah 217 partisipan yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting.

Hasil dari kegiatan Cirebon Tax Festival 2022 ini dapat mewujudakan mewujudkan program kerja tahunan Tax Center Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon yang selaras dengan program kerja tahunan Kanwil DJP Jawa Barat II, KPP Pratama Cirebon Satu dan Dua, mengetahui bakat dan budaya serta kecakapan mahasiswa/i  dalam berdiskusi dan berkompetisi khususnya mengenai perpajakan, serta mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa dan antar perguruan tinggi khususnya dalam komunitas di bidang perpajakan.

Pemerintah mengharapkan kepada para penurus bangsa khususnya mahasiswa/i dimana harus memiliki semangat perjuangan, sifat kritis, idealis, inovatif tanpa meninggalkan akar budaya bangsa Indonesia. Salah satu caranya dengan mengikuti dan berkontribusi pada setiap kegiatan yang mampu mengembangkan kemampuan, ide, serta hal-hal positif lainnya yang dapat memajukan negara Indonesia dengan lebih baik lagi.

(Penulis: Wiwit Apit Sulistyowati, M.Si &
Nada Nur Janah
Dosen dan Mahasiswa Program Studi Akuntansi UGJ Cirebon) 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *