Peringati HUT IBI ke-71, IBI Palas Gelar Seminar Nasional yang Dihadiri Plt Bupati 

Media Analis Indonesia, Palas – Segenap Bidan di Wilayah Kabupaten Padang Lawas (Palas), yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Palas menggelar seminar nasional bertajuk “Tekhnik Komunikasi Kunci Sukses Dukung Asi Eksklusif” di Aula Hotel Al-Marwah Sibuhuan, Jalan Ki Hajar Dewantara, Lingkungan VI, Padang Luar, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Rabu.(28/09/2022).

Seminar yang menghadirkan Plt Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM, M,Si., didampingi Oleh, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD serta undangan lainnya itu digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 tahun.

Read More

Selain Plt Bupati, Turut hadir pada acara ini, Staf Ahli Bupati , Drs Irwan Halamoan Hasibuan,. Bustami Harahap S.Sos, para pimpinan OPD diantaranya, Plt.Kadis Kesehatan Amelia Roitona Nasution, SKM, Kasatpol PP dan Damkar Agus Saleh Syaputra Daulay, SH, MH, Kakan Kesbangpol Alhaji Alamsyah Siregar, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Keliatan Ramayulis, SKM, M.Kes, Kepala Dinas P2KB3A Kabupaten Palas Markiah Hasibuan, para Ketua Organisasi Profesi, Kabupaten Padang Lawas,serta undangan lainnya.

Dalam arahan dan sambutannya Plt Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM, M,Si., mengapresiasi terselenggaranya kegiatan HUT IBI ke 71 sekaligus melaksanakan seminar.

Plt Bupati Palas menuturkan, kegiatan tersebut bisa menjadi suatu kesempatan bagi para bidan untuk memperkaya informasi dan pengetahuan tentang kesehatan khususnya pengendalian stunting.

Pada kesempatan itu, ia juga mengimbau para bidan agar tetap mengedepankan kualitas pelayanan di tengah masyarakat walaupun berada kondisi keterbatasan sarana prasarana yang ada.

“Tetap semangat, kiranya seminar ini membawa berkat bagi kita semua dalam rangka memandu dan membimbing supaya pelayanan tugas kita ke depan memberi manfaat terhadap pelayanan di bidang kesehatan di Kabupaten palas,” tuturnya.

Lebih lanjut Plt Bupati Palas, menerangkan, telah kita lihat bagaimana kondisi realisasi ilmu pengetahuan dan tekhnologi kesehatan yang sangat luar biasa hari ini, semua sudah bisa kita lihat di media FB, Google dan sebagainya.

Tentu, kami berharap bidan yang ada dikabupaten Palas ini selalu update Terhadap ilmu pengetahuan, perkembangan teknologi saint, tekhnik, dan skill, agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat kabupaten Palas.

“Kabupaten Palas ini sesungguhnya Sudah memberikan kontribusi yang luar biasa, secara nyata di 303 desa, dari 17 kecamatan, dari sekian banyak jumlah penduduk Kabupaten Palas dari data dua tahun yang lalu, ternyata Lebih banyak perempuan dari pada laki-laki”. Terang Plt Bupati Palas.

Maka dari itu kedepan sangat banyak tantangan buat para ibu ibu bidan, maka bersiaplah bidan memiliki peran yang sangat besar untuk setiap proses kelahiran bayi, karena bidan ini sebenarnya multi profesi, setiap waktu jadi tenaga kesehatan, penyuluh, ibu rumah tangga dan lainnya.

Saya berharap dan berkeinginan sekali di tahun 2024 nanti, salah satu bidan di kabupaten Palas ini Bisa menembus dan mencapai yang terbaik., kemudian dari pada itu kepada Ketua dan pengurus IBZi Palas, untuk HUT ke 72 tahun 2023 nantinya Tolong dinilai ibu Mana bidan yang terbaik di kabupaten Palas ini.

Kalau ada yang dapat terbaik, untuk bidan yang terbaik itu akan saya berikan hadiah satu unit sepeda motor, bidan yang terbaik tapi harus objektif, dipilih mana yang pintar, rajin, ulet Serta memiliki ahlakulkharima yang baik. Kata Plt Bupati Palas.

Atas nama pemerintah Kabupaten Palas, saya mengucapkan terimakasih atas dedikasi selama ini Memberikan pelayanan Kepada masyarakat, tapi kita akan berusaha supaya para bidan untuk mendapatkan haknyahaknya, dimana pada tahun insyaallah kita akan membangun puskesmas kecamatan sosa julu, dan kemungkinan daerah pemekaran kecamatan yang baru lainnya tentu itu akan memberikan peluang yang baru.

Kami juga turut bangga kepada bidan bidan yang telah berprestasi, seperti Ketua IBI saat ini sudah menjadi kepala puskesmas, bagi bidan yang berprestasi tidak menutup kemungkinan juga Suatu saat dapat menjadi kepala dinas, camat, Dan jabatan lainnya.

Kepada para ibu ibu bidan selamat bertugas, jadilah bidan yang profesional, kemudian disamping itu Kuatkan Ikatan ini (IBI) ada ikatan yang tidak bisa diputusdiputus, karena pernah sama-sama diasrama, Dalam merasakan yang sama, baik suka maupun duka di sekolah atau asrama, itu semua akan mengikat silaturahim diantara ibu bidan, dan ikatan ini Saya harap untuk terus dijaga Tali silaturahim bidan di kabupaten Palas kita ini.

“Sekali lagi saya ucapan selamat kepada Ketua dan pengurus IBI Palas Semakin jaya, sukses dan semoga IBI Palas bisa sejajar dengan IBI yang lainnya Di Sumatera Utara”, Pungkas Plt Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM, M,Si., mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya, Ketua IBI Cabang Palas, Hj. Halimatussa’diah, Am.Keb., SKM, menjelaskan, pemilihan tema tentang tekhnik komunikasi tersebut, sangatlah penting, dengan lstar belakang pelaksanaan HUT IBI Ke 71, bukan cuma sekedar perayaan tapi tentang mergeksporasi kemajuan kolektif dan individu kita dan mengakui seberapa jauh kita telah melangkah dalam memberikan pelayaran yg merghanilkan keluarga yg sebat dalam manjarakat kita.

Yang bertujuan mewujudkan generasi unggul menuju indonesia maju., seduai dasar pelaksanaan anggaran dasar apbd 2022 anggaran rumah tangga kas IBI padang lawas.

Waktu pelaksanaan dari tanggal 27, 28 September 2022, Peserta HUT IBI ke 71 ini terdiri dari Pengurus, pimpinan cabang, Anggota, Penasehat, IBI daerah kabupaten Palas.

“Man kita ikuti Acara ini dengan baik agar dapat berlangsung dengan lancar dan kita dapat memetik manfaat dalam acara ini” tutur Ketua IBI Palas, dalam kesempatan penyampaian sambutannya.

Untuk itu, lanjut ketua IBI Palas, salah satu profesi bidan sangatlah mulia, Karena begitu besar pengabdian mereka dalam mengurus proses kelahiran bayi, sehingga angka kematian ibu dan bayi bisa ditekan, selain itu bidan juga turut mempunyai tanggung jawab dalam mengentaskan persoalan stunting di masyarakat Kabupaten Palas.

Dengan HUT IBI yang Ke 71 ini, diharapkan para bidan bisa, semakin menguatkan profesi dan organisasi IBI Peningkatan kualitas bidan serta memantapkan IBI Sebagai bidan yang handal. Sehingga bidan bisa bekerja secara profesional, dan menjalankan praktek pelayanan kesehatan kepada masyarakat, melayani ibu dan balita dalam kelahirankelahiran, menjadi lebih baik lagi. Katanya.

Plt Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM, M,Si., saat berikan arahan dan sambutannya.

Ketua juga menghimbau, Untuk para bidan yang telah hadir Dalam acara iniini. Marilah blitar sama-sama mendukung profesi kita Sesuai bdengan kegiatan kita dilapangandilapangan, meningkatkan kesehatan Masyarakat khusus nya di kabupaten Palas yang BERCAHAYA ini.

Untuk itu, kepada seluruh bidan Se Kabupaten Palas, dimana organisasi kita ini sudah taraf internasional bukan hanya di Indonesia saja, dengan demikian khusus Palas bergabunglah dengan profesi kita ini.

Jika ada keluhan apapun, datang lah ke IBI kita ini jangan kepada yang lain karena kita siap melayani bidan yang ada di kabupaten Palas, Marilah kita sama-sama menyongsong menyusun organisasi kita yang ada di kabupaten Palas kita ini, kepada ibu ibu bidan Kabupaten Palas mari kita dukung dan melayani masyarakat sesuai dengan profesi kita, karena jika ada masalah sepanjang kita melayani, tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.

Ia juga berpesan, Jangan lupa untuk bidan yang senior lebih tua, mengayomi yang lebih muda, dan yang muda menghormati yang lebih tua, karena bidan ini adalah profesi yang mulia.

“Disamping itu, Ketua IBI Palas, juga meminta kepada pemkab Palas, Agar dapat kiranya memberikan kebutuhan para bidan untuk meningkatkan kompetensi melalui pelatihan pelatihan dan tugas belajar serta meningkatkan Dan kesejahteraan kami,” ujarnya. (081)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *