Plt. Bupati Palas Serahkan Bantuan BBR Lebih Dari Rp2 Miliar kepada Korban Terdampak Banjir Bandang di Batang Lubu Sutam

Media Analis Indonesia, Palas – Plt. Bupati Padang Lawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si menyerahkan Bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) kepada Korban yang terdampak banjir bandang Kecamatan Batang Lubu Sutam di Pelataran Balai Desa Tamiang, Selasa (27/09/2022).

Dalam laporannya, Kadis Sosial Kabupaten Palas H. Ahmad Fauzan Nasution, SHI, M.Pdi, menjelaskan bahwa penerima BBR Kecamatan Batang Lubu Sutam sebanyak 122 KK dari 131 KK yang diusulkan di 4 desa, dengan rincian sbb : Desa Tamiang 78 KK, Desa Tanjung Baru 7 KK, Desa Tanjung Barani 23 KK, Desa 6 Manggis, Desa Siadam 6 KK serta Desa Hutabaru 2 KK.

Read More

Bantuan BBR diberikan untuk membantu perbaikan rumah korban yang terdampak banjir bandang dengan kategori kerusakan berat dengan nominal uang mulai 15 Juta, 17 juta, 20 juta dan 25 Juta rupiah Per KK dengan total nilai BBR sejumlah Rp. 2.593.000.000,00. Kata Kadis Sosial Kabupaten Palas

Lebih lanjut H. Fauzan mengatakan Penentuan nominal bantuan merupakan hasil verifikasi dan validasi langsung Kementerian Sosial RI yang beberapa waktu lalu telah terjun langsung menyaksikan menghitung kerugian warga terdampak banjir bandang.

“BBR yang dikucurkan hari ini merupakan bantuan tahap I sebeser 70% dari nilai yang akan diterima penerima manfaat. Sedangkan 30 % lagi akan kembali dikucurkan setelah selesai pertanggungjawaban dari dana yang diterima pada tahap I. Uangnya diterima langsung oleh penerima manfaat melalui PT. Bank Mandiri Cabang Sibuhuan, ujar H. Fauzan dalam laporannya.

Ditempat sama, Seorang Tokoh masyarakat Murad Lubis dalam sambutannya dengan suara yang bergetar tanda keharuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Padang Lawas beserta jajarannnya atas perhatiannya kepada korban terdampak banjir bandang.

“Saya atas nama masyarakat Batang Lubu Sutam khususnya warga korban banjir bandang menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Pemerintah Padang Lawas beserta jajarannya atas seluruh perhatiannya mulai terjadi banjir bandang tanggal 1 januari lalu sampai saat ini telah memasuki bulan ke 9, pemerintah hadir mengulurkan tangan, memberikan bantuan baik materil maupun dukungan moril sebagai kekuatan bagi warga yang terkena musibah.

Pemerintah tidak pernah meninggalkan kami terbukti sampai saat ini bantuan masih terus mengalir untuk warga. Pemerintah masih terus memberikan perhatian dan dukungannya kepada kami, kiranya yang Maha Kuasa memberikan balasan yang terbaik bagi bapak dan ibu, kata murad.

Sebelumnya, Plt. Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si., dalam bimbingan serta arahannya mengatakan bahwa BBR ini ditujukan untuk bantuan renovasi rumah warga yang rusak akibat banjir bandang.

“Walaupun bantuan ini belum sepenuhnya sesuai dengan harapan masyarakat tetapi ini adalah rezeki yang harus kita syukuri.

Kami dengan sepenuh hati, segala strategi dan upaya telah kami lakukan, berkali kali ke Kementerian Sosial RI khususnya Direktorat Jenderal Jaminan Sosial agar bagaimana masyarakat mendapat bantuan Bahan Bangunan Rumah untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir bandang, ujar Plt Bupati Palas.

Untuk itu, saya mengingatkan dan mari saling mengingatkan agar bantuan ini dimanfaatkan sesuai peruntukannya, ini uang negara yang harus dipertanggungjawabkan. Maka untuk itu belanjakanlah uang ini untuk alat alat bangunan rumah kemudian buat dan sampaikan bon/kuitansinya. Progres pertanggungjawaban bantuan tahap I akan menjadi acuan kita untuk mengucurkan bantuan tahap II, pesan Plt. Bupati Palas.

Plt. Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si., serahkan bantuan BBR kepada KPM terdampak Banjir Bandang Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Yakinlah kami tidak akan diam, bantuan2 lain tetap akan kami usahakan termasuk pembangunan beton disisi sungai sebagai pengendali banjir telah kita upayakan ke Kementerian PUPR, walaupun bukan tahun ini paling lambat tahun depan akan dibangun agar masyarakat aman dari banjir, tambahnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, Kementerian Sosial RI dan Ketua Komisi IX Bapak Iskan Kolba Lubis yang telah menjembatani dan memberikan dukungan sehingga Bantuan BBR sampai di Kecamatan Batang Lubu Sutam”. tandas Plt. Bupati Palas.

Turut hadir pada acara ini, Asisten I Bidang Pemerintahan Panguhum Nasution, M.AP para pimpinan OPD diantaranya Kepala Inspektorat Harjusli Fahri Siregar, S. STP, Plt.Kadis Kesehatan Amelia Roitona Nasution, S.KM, Kakan Satpol Agus Syaputra Daulay, SH, MH, Kakan Kesbang Alhaji Alamsyah Siregar, Camat Batang Lubu Sutam M.Daniel Hasibuan, SH, S.Pdi. Branch Manager PT. Bank Mandiri Cabang Sibuhuan Dimas Agus Prasetyo, para kepala Desa se Kecamatan Batang Lubu Sutam, tokoh masyarakat, tokoh Pemuda dari Ikatan Pemuda Karya Kabupaten Padang Lawas. (082/081)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *