Timnas Garuda Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia 2023

Media Analis Indonesia, Jakarta – Timnas Garuda Indonesia U-20 dipastikan lolos ke Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Uzbekistan, hasil ini didapat setelah Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor akhir 3-2 pada pertandingan kualifikasi group F yang berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

Dengan kemenangan ini, Timnas U-20 pun mengunci status sebagai juara Grup F dengan raihan poin sempurna 9 dari tiga pertandingan, sebelumnya Timnas menang atas Timor Leste dengan skor 4-0, kemudian mengalahkan Hongkong dengan skor 5-1.

Read More

Pencapaian ini menyamai dua edisi terakhir, yakni pada 2018 dan 2020, dimana Timnas Indonesia U-20 berhak lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-20.

Dalam pertandingan malam ini anak asuh Shin Tae Yong unggul dalam penguasaan bola pada babak pertama. Sebuah peluang sudah didapat pada menit keempat melalui Hokky Caraka, namun sayang bola melebar tipis di samping gawang Vietnam.

Keunggulan penguasaan bola tidak lantas membuat Timnas Indonesia U-20 mudah merangsek ke area pertahanan Vietnam.
Hingga babak pertama usai kedudukan sama kuat tetap 0-0.

Pada babak kedua, Marselino Ferdinan masuk menggantikan Ronaldo Kwateh, masuknya Marselino menjadikan daya serang Timnas Indonesia semakin hidup. Dan akhirnya pada menit ke-59, kebuntuan pecah setelah sang pemain pengganti melepas sepakan keras dari luar kotak penalti, bola meluncur deras merobek jala gawang Vietnam.
Skor berubah menjadi 1-0.

Namun pada menit ke-64, gawang Timnas Indonesia U-20 dijebol pemain Vietnam, sebuah upaya halauan bola oleh kapten Timnas Muhammad Ferrari, malah meluncur kedalam gawangnya sendiri, hingga mengubah skor menjadi 1-1.

Celakanya lagi, pada menit ke-79 Vietnam membalikan kedudukan jadi 2-1 melalui gol Dinh Xuan Tien, melalui skema serangan balik yang gagal di bendung oleh barisan belakang pemain Timnas.

Kemudian di menit ke-81, Ferrari membayar atas kesalahannya, ia berhasil menjebol gawang Vietnam melalui sundulan kerasnya hasil dari sebuah tendangan penjuru, hingga menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Pertandingan semakin seru dan semakin terbuka.
Pada menit ke-84, Rabbani membawa Garuda unggul 3-2 setelah memanfaatkan tusukan Nico dari sayap kanan, berawal dari keberanian Nico yang terus menggiring bola, berduel dengan bek Vietnam hingga berhadapan langsung dengan penjaga gawang lawan dan langsung menendang bola ke sudut gawang, namun bola gagal di antisipasi oleh kiper Vietnam, bola bergulir digaris gawang kemudian disitu ada Rabbani yang berdiri bebas tanpa pengawalan, lalu ia menceploskan bola dengan kaki kanannya, skor pun berubah menjadi 3-2 dan bertahan hingga peluit akhir dibunyikan wasit.

Susunan Pemain:

Indonesia: Aditya Arya Nugraha; Frengky Deaner Missa, Robi Darwis, Ferrari, Kakang Rudianto; Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, Dimas Pamungkas, Ginanjar Wahyu, Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka.

Vietnam: Cao Van Binh; Ho Van Cuong, Tran Ngoc Son, Nguyen Bao Long, Nguyen Duc Anh; Kuat Van Khang, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Duc Phu, Bui Vi Hao, Nguyen Quic Viet. (*/Hel)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.