Hindari Penyalahgunaan, Inspektorat Palas Lakukan Sosialisasi Pertanggungjawaban Keuangan dan Aset Desa

Sekretaris Inspektorat Kabupaten Palas Tri Hendra A Dinata., SKM., M.Kes, mewakili Inspektur Inspektorat Kabupaten Palas, Harjusli Fahri Siregar, S.STP., M.Si saat buka kegiatan

Media Analis Indonesia, Palas –
Setelah selesai melaksanakan kegiatan sosialisasi di Rayon I Zona Eks Kecamatan Sosa, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) Melalui Inspektorat Kabupaten Palas kembali melaksanakan sosialisasi peraturan perundang-undangan pertanggungjawaban keuangan dan aset desa di Rayon II, di Kecamatan Barumun Tengah dan Eks Kecamatan Barumun Tengah (Barteng), Kecamatan Barumun Barat, Sihapas Barumun, Aek Nabara Barumun, dan kecamatan Huristak, di Aula Mess Binanga, Kecamatan Barteng, Kabupaten Palas, Kamis (03/11/2022).

Peserta Sosialisasi Rayon II terdiri dari Kades, Sekses, Kaur Keuangan Desa, Kasi Desa serta yang membidangi Desa Sekecamatan Barteng dan Eks Barteng. Dengan menghadirkan Narasumber, Irban I, Irban II, Irban III, Irban IV, dari Inspektorat Kabupaten Palas, dan Kabid Asset dari BPKAD Kabupaten Palas.

Read More

Kegiatan Sosialisasi ini Dibuka Oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Palas Tri Hendra A Dinata., SKM., M.Kes, mewakili Inspektur Inspektorat Kabupaten Palas, Harjusli Fahri Siregar, S.STP., M.Si, mengatakan, sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan tujuan bagaimana Sekretaris, perangkat desa mengelola dan membuat pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan pemerintahan Desa dan Aset desa.

 

“Dengan harapan Sekretaris dan perangkat desa dapat menguasai pengelolaan dan pelaporan keuangan serta asset desa. Maka dari itu para Sekretaris dan petengkat desa dilatih bagaimana cara pelaporan dan Aset desa yang baik dan benar sesuai dengan peraturan yang ditentukan,” ucap Tri Hendra

 

Ia juga mengingatkan kepada semua sekertaris dan perangkat desa agar berhati-hati dalam memverifikasi dokumen, seperti verifikasi dokumen keuangan dan pertanggungjawaban keuangan harus dilaksanakan dengan sangat teliti.

 

“Sekertaris desa selaku koordinator administrasi pemerintahan di desa harus memperhatikan semua pekerjaan pelaksana kegiatan dari hal pelaporan dan kelengkapan pertanggungjawaban kegiatan,”tegasnya.

 

Sementara di kesempatan sama Plt Inspektur Pembantu Empat (Irban IV) Thamrin Hasibuan juga mengingatkan agar setiap desa menyiapkan laporan secara rutin, realisasi kegiatan setiap semester, dimana tujuan dari sosialisasi yang dilakukan yakni, agar kepala desa bersama Kaur Keuangan bisa melakukan pengelolaan keuangan desa dengan sebaik baiknya dan akuntable.

“Kita mengharapkan pengelolaan keuangan desa agar lebih profesional serta akuntable,” tutur Irban IV..

Lebih lanjut, Irban IV mengatakan bahwa kepala desa merupakan pemegang kewenangan dalam pengelolaan keuangan desa. Untuk Itu, kepala desa bersama Kaur Keuangan bisa saling bersinergi sehingga pengelolaan keuangan desa menjadi lebih baik sesuai ketentuan”. Harapnya.

Ditambahkan Thamrin, dengan adanya sosialisasi yang bermanfaat ini kedepan pengelolaan keuangan desa semakin membaik, profesional dan bisa dipertanggung jawabkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Semoga sosialisasi ini bermanfaat dan menjadi keberkahan,” tutup Plt Irban IV Inspektorat Kabupaten Palas. (081)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *