Pasca Banjir di Indra Makmur, BPS Bersihkan Alur Sungai dari Tumpukan Batu dan Sampah

Media Analis Indonesia, Aceh Timur – Terkait dengan dugaan pembuangan limbah PKS milik Bugak Palma Sejahtera(BPS) yang mencemari alur sungai, pihak BPS menjelaskan bahwa perubahan air sungai disebabkan pencucian batu dan pembuangan sampah dan mengangkat batang pohon kelapa sawit yang roboh di beberapa titik pada Kamis, 24 November 2022.

Humas BPS Syachrial kepada media ini mengatakan bahwa pasca Banjir di kawasan Indra Makmur beberapa waktu lalu, pihaknya melakukan pencucian batu sepadan di alur sungai yang telah menumpuk.

Read More

“Setelah berkordinasi dengan Pemkab Aceh Timur, kita menurunkan beberapa alat berat ekskavator untuk melakukan pencucian batu yang menumpuk karena tergerus air, selain itu kita juga lakukan pembersihan sampah serta batang kelapa sawit yang milik perusahaan tetangga yang roboh ke sungai,” jelas Syachrial.

Syachrial juga menerangkan, bahwa terjadinya perubahan air sungai yang keruh dan berubah warna disebabkan aktivitas pembersihan alur sungai.

“Berubah warna air sungai dampak dari aktivitas pencucian batu sepadan dan pembersihan sampah, yang di bawa saat banjir jadi bukan akibat limbah,” terang Syachrial.

Sebelum nya kata Syachrial, Pihak BPS juga telah membangun 5 unit sumur Bor di beberapa lokasi, supaya masyarakat yang selama ini mengunakan air sungai, sudah tersedia air bersih yang layak di konsumsi.

“Pada bulan september 2022 atas permintaan masyarakat BPS telah membangun beberapa unit sumur bor di Desa Alue Ie Mirah, supaya masyarakat tersedia air bersih,” ujar Syachrial. (hs)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *