Pemkab Palas Gelar Kegiatan Pokjanal Posyandu 2022

Plt. Ketua TPPKK Kabupaten Padang Lawas Ny. Emma Nurul Ahmad Zarnawi saat berikan arahan

Media Analis Indonesia, Palas – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas (Dinkes Palas) melaksanakan Kegiatan Kelompok kerja operasional Pos pelayanan terpadu (Pokjanal Posyandu) Tingkat Kabupaten LP/LS di Hotel Grandika Sibuhuan, Senin. (21/11/2022).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Nur Aizah Siregar, S.KM, yang juga sebagai Ketua Panitia mengatakan, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan adalah Permendagri Nomor 19 tahun 2011 tentang tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar Di Pos Pelayanan Terpadu.

Read More

Peserta kegiatan ini berjumlah 43 orang berasal dari lintas program Dinas Kesehatan dan OPD lintas sektoral yang berkaitan dengan pelaksanaan posyandu.

Ditambahkannya kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam suatu mekanisme kerja pokjanal posyandu dan terbertuknya tim pokja posyandu kabupaten.

Dalam sambutan Plt. Bupati Padang Lawas yang dibacaka Plt. Kepala Dinas Kesehatan Padang Lawas, Amelia Roitona Nasution SKM, mengatakan posyandu merupakan kader paling bawah sebagai upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak.

“Posyandu memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, sosial dan untuk penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita serta percepatan penurunan angka stunting,” kata Amelia

Posyandu sebagai pelayanan kesehatan dasar perlu dukungan semua pihak. Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, kegiatan ini dapat berjalan apabila didukung semua pihak mulai kabupaten hingga desa dan semua lapisan masyarakat, imbuhnya.

Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya yang dimulai dari lini terendah, yang disinkronkan dalam arah kebijakan RPJMD 2020 -2024 Kabupaten Padang Lawas Bidang Kesehatan yaitu meningkatkan akses dan mutu pelayanan menuju cakupan kesehatan semesta, maka untuk meningkatkan fungsi kinerja posyandu perlu dibentuk kelompok kerja posyandu.

Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada seluruh peserta untuk menjadi peserta aktif dan menjadikan forum ini sebagai wadah diskusi untuk meningkatkan pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu di Kabupaten Padang Lawas, tutup Amelia.

Sementara itu, Plt. Ketua TPPKK Kabupaten Padang Lawas Ny. Emma Nurul Ahmad Zarnawi dalam arahannya berkomitmen secara hirarkis kebawah siap mendukung upaya pembinaan dan peningkatan pelayanan dan mutu posyandu di kabupaten Padang Lawas.

“Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Padang Lawas, saya mengingatkan semua pihak yang ada dalam gawenya posyandu untuk mendukung dan sama sama bekerja meningkatkan pelayanan dan integritas posyandu khususnya yang terintegrasi dengan PAUD.

Disamping itu perlu dukungan semua pihak dalam penguatan Posyandu sebagai garda terdepan pelayanan dasar kesehatan masyarakat dalam upaya mencegah angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan dan atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat, ujar Emma.

Secara khusus, peran TP PKK ini berada pada Pokja IV yang bertanggungjawab dalam melaksanakan posyandu bersama dengan kader. Kami akan terus mendorong para kader untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dan keterampilan sehingga kualitas pelayanan posyandu dapat ditingkatkan.

Dengan terbentuknya pokjanal posyandu dan dikuatkan dengan SK Pokjanal akan menjadi pengesahan bagi kita dalam pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam pembinaan posyandu, tandas Emma. (081)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *