Perkemahan Saka Bhayangkara Kwarcab Palas Tahun 2022 Dibuka Plt Bupati Palas

Media Analis Indonesia, Palas – Upacara pembukaan Perkemahan Saka Bhayangkara Kwartir Pramuka Cabang Padang Lawas tahun 2022 di bumi perkemahan Tor Sipiramanuk, Desa Surodingin, Kecamatan Lubuk Barumun, Jum’at petang (18/11/2022) Dipimipin Plt Bupati Padang Lawas (Palas) drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Salsabila Callista Olivia Hasibuan dari Gugus Depan (Gudep) SMA 1 Barumun.

Read More

Perkemahan Saka Bhayangkara tahun 2022 diikuti oleh Pramuka Penegak se Kwarcab Palas sebanyak 524 peserta yakni 213 peserta putra, 258 peserta putri serta 24 pembina putra, 29 pembina putri.

Plt. Bupati Palas yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Pramuka Kabupaten Palas, dalam arahannya berharap pramuka penegak dapat mengikuti perkemahan ini dengan baik dan hikmat.

Ditambahkannya, Kaum muda dewasa ini dihadapkan pada dua masalah besar, dimana yang pertama berkaitan dengan masalah sosial mencakup banyaknya penggunaan obat terlarang dan pergaulan bebas berakibat tingginya hubugan seksual pra-nikah, kekerasan dan kriminalitas.

Sedangkan dalam masalah kebangsaan dalam bingkai NKRI, rendahnya solidaritas sosial,semangat persatuan dan kesatuan yang berdampak pada rendahnya semangat bela negara dan ancaman disintegrasi bangsa.

Ancaman tersebut menjadi tanggungjawab bersama termasuk gerakan pramuka. Di usia 61 tahun, perlu diciptakan gerakan pramuka baru yang diminati kaum muda yang mengikuti perkembangan zaman. Pramuka harus keren dan asyik serta menyenangkan.

Pada kesempatan ini, ia meminta agar para kakak kakak pembina harus kreatif dalam membina anggota pramuka di gugus depan (gudep), mampu menerapkan teknologi pendidikan yang sesuai perubahan zaman tanpa melupakan prinsif dasar dan metode kepramukaan.

“Melalui gerakan pramuka ini mari kita laksanakan kegiatan yang positif serta meningkatkan solidratas sesama anggota dan saling mengingatkan untuk tidak terjerumus dalam hal negatif. Mari bentengi diri dengan iman dan taqwa menjadi filter dalam pencegahan dan peredaran narkoba di Kabupaten Padang Lawas, ujar Plt. Bupati Padang Lawas.

Kepada pimpinan kwartir ranting dan para pembina gugus depan, untuk dapat bersama sama meningkatkan kwalitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter, pungkasnya.

Usai upacara Plt. Bupati Padang Lawas bersama Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan S.I.K,.M.Si, Ketua PA Sibuhuan Saifuddin, SHI, Kakan Kemenag Palas H Abdul Manan M.A, perwakilan PN Sibuhuan, Kacabdis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara UPT Gunung Tua Hendra Saputra, MM, Pimpinan OPD, Camat se-Padang Lawas, Ketua Ka Kwarcab Padang Lawas Zainuddin Hasibuan MM serta para pembina Kwarcab Padang Lawas berkesempatan meninjau gudep untuk memberikan semangat. Masing masing gudep unjuk kebolehan meneriakkan yel yel andalannya membuat suasana gembira dan asyik.

Kasat Binmas Polres Palas AKP Rahmat Saleh Nainggolan sebagai panitia dalam laporannya memaparkan bahwa kegiatan Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Tahun 2022 ini dilaksanakan oleh Polres Padang Lawas bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Padang Lawas dengan tema “mendukung tugas Polri menjaga kamtibmas guna mewujudkan Indonesia maju, Indonesia tangguh”.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada perkemahan ini, pengetahuan Krida Tibmas, Krida Lantas, Krida TPTKP, Krida Penanggulangan Bencana, pengetahuan umum Pramuka, pengetahuan umum bela diri Polri, pelatihan kedisiplinan serta penyuluhan narkoba dan Polmas, ungkap Kasat Binmas. (081)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *