Soal Pencopotan Marullah Matali sebagai Sekda DKI, Begini Respon Tokoh Ormas Betawi

Ketua Umum FORKABI Jakarta Selatan, yang juga anggota DPRD DKI fraksi Gerindra, Abdul Ghoni

Media Analis Indonesia, Jakarta –  Kebijakan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, yang mencopot Marullah Matali sebagai Sekda DKI Jakarta, pada Jumat (2/12/2022) dan menggantinya dengan Pj Sekda DKI Jakarta, Uus Kuswanto, menimbulkan beragam komentar dari berbagai kalangan.

Salah satunya dari tokoh Ormas Betawi, yakni Ketua Umum FORKABI Jakarta Selatan, yang juga anggota DPRD DKI fraksi Gerindra, Abdul Ghoni.

Read More

Menurutnya, pencopotan Marullah Matali dari posisi Sekretaris Daerah Provinis (Sekdaprov) DKI membuat warga Betawi sangat kecewa.

”Saya sebagai putra Betawi dan juga Ketua Umum FORKABI Jakarta Selatan kecewa sama Pj Gubernur Heru. Heru tidak boleh semena-mena. Harus ada etika,” ucap Abdul Ghoni dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Selama ini masyarakat Betawi selalu berdampingan hidup rukun tanpa ada ketegangan.

Dirinya mengungkapkan, sejak Gubernur Joko Widodo, Basuki T. Purnama, Djarot hingga, Anies Baswedan, Sekdaprov DKI selalu putra daerah (Betawi).

Pj Gubernur Heru harusnya punya etika dan tata krama. Ini sama saja, tak memiliki etika dan tata krama. Mengganti Marullah dari Sekdaprov itu tak beretika.

Apalagi Gubernur saat ini hanya ditunjuk oleh Presiden sebagai Pj.

”Sebagai anak Betawi, enggak bisa menerima pencopotan Marullah Matali dari posisi Sekdaprov DKI. Ini merupakan penghinaan bagi warga Betawi. Sejak dulu enggak ada tuh, Gubernur DKI mengganti Sekdaprov dengan Pelaksana tugas (Plt). Saya tersinggung,” ucap Abdul Ghoni.

Dirinya juga menambahkan, Gubernur Anies Baswedan lebih menghargai masyarakat Betawi.

Sebab, sejak dilantik sebagai Gubernur pada 2017, Sekdaprov selalu putra Betawi. Sebelum Marullah Matali, almarhum Sefullah Sekdaprov DKI juga putra Betawi.

“Pj Gubernur saat ini tidak perhatian dengan masyarakat Betawi,” pungkas Abdul Ghoni.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menunjuk Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta menggantikan Marullah Matali. Marullah Matali ditempatkan pada posisi baru sebagai Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata.

Marullah dan Uus, keduanya dilantik di Balai Agung, Kompleks Balai Kota Jakarta oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, pada Jumat (2/12). Pj Gubernur menjelaskan, pengangkatan kembali jabatan deputi Gubernur untuk membantu tugas pemerintahan agar menjadi lebih lincah. (*/hel)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *