Muhibah Pesilat PPS Congkok Eratkan Ikatan Budaya Indonesia – Chile

Rombongan pesilat Betawi dari PPS Congkok disambut hangat oleh Dubes Indonesia untuk Chile, Muhammad Anshor.

Media Analis Indonesia, Santiago, Chile – Rombongan pesilat Betawi dari PPS Congkok yang mengadakan muhibah ke negara Chile tiba mendarat di ibukota Chile, Santiago, Rabu dinihari WIB (9/8/2023). Rombongan disambut hangat oleh Dubes Indonesia untuk Chile, Muhammad Anshor.

Ketua rombongan H Imron Yunus mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang sangat baik dari KBRI di Chile.

Read More

“Terima kasih kami untuk KBRI di Chile dan fasilitas dari Pak Dubes. Kami sampaikan salam juga dari Pj Gubernur dan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Mudah-mudahan kerjasama ini menjadi berkelanjutan. Terima kasih juga kami ucapkan karena Betawi telah dibukakan jalan untuk pemajuan kebudayaannya di Chile, dimana di Chile sudah ada perguruan silat tradisi Betawi,” ujar H Imron Yunus yang juga Ketua Perkampungan Budaya Setu Babakan, Jakarta.

Dubes RI untuk Chile Muhammad Anshor mengungkapkan kegembiraannya dan mengatakan,”Ini adalah untuk Indonesia, khususnya untuk Betawi. Insya Allah kerjasama ini akan berkembang.”

Ketua rombongan H Imron Yunus (kiri) dan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Chile, Muhammad Anshor

Setelah Santiago rombongan pesilat yang terdiri dari 11 orang ini menuju Antofagasta, yang jaraknya sekitar 1.600 kilometer, dimana rombongan akan melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya memandu coaching clinic jurus-jurus silat PPS Congkok, mengikuti seminar tentang kebudayaan Indonesia, melakukan latihan bersama dengan perguruan silat PPS Congkok di kota Antofagasta, dan juga mengikuti turnamen silat di kota tersebut.

“Kami akan berusaha memberikan pelatihan dan informasi terbaik tentang silat, khususnya silat tradisi Betawi, dan juga informasi yang lebih luas tentang tradisi Betawi dan kebudayaan Indonesia,” ujar guru besar silat PPS Congkok, Bachtiar Jam’an yang akrab disapa Abah Meong.

Melalui muhibah para pesilat Betawi dari PS Congkok ini diharapkan hubungan Indonesia-Chile menjadi lebih erat lagi. Sebelumnya Dubes RI di Chile juga telah bertemu dengan Rektor Pontificia Universidad Católica de Chile (UC Chile), Ignacio Sanchez, untuk membahas potensi kerja sama UC Chile dengan universitas di Indonesia dan promosi budaya Indonesia di kalangan mahasiswa dan akademisi UC Chile (18/05/2023).
(*/hel)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *