Satpol PP Kota Mataram Bersama Tim Gabungan Lakukan Penertiban di Taman Sangkareang

Kepala Bidang Ketertiban Umum, Perlindungan dan Ketenteraman Pemkot Mataram Sutrisno, S.Sos. (tengah) bersama anggota Pol PP Kota Mataram.

Media Analis Indonesia, Mataram – Tim Pelaksana Operasi Gabungan yang terdiri dari unsur Satpol PP Kota Mataram, Kodim 1606/Mataram, Satgas Perdagangan, APKLI dan Dinas PUPR Kota Mataram melakukan penertiban di sekitar Taman Sangkareang, dengan membongkar paksa bangunan lapak di Jalan Pelita, Rabu, 20 September 2023.

Kasat Pol PP Kota Mataram melalui Kepala Bidang Ketertiban Umum, Perlindungan dan Ketenteraman Pemkot Mataram, Sutrisno, S.Sos. mengungkapkan, penertiban dilakukan sebagai respons terhadap pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Kota Mataram Nomor 11 Tahun 2015 huruf c, yang melarang aktivitas berjualan di trotoar jalan.

Read More

“Ini jalannya sempit, sementara ini kita fungsikan juga sebagai tempat pasar kuliner bagi rekan-rekan UMKM,” ungkapnya.

Selain menghormati ruang bagi pedagang, penertiban ini juga bertujuan untuk mencegah pengkaplingan area, sehingga pedagang lainnya juga dapat menggunakan space yang tersedia.

“Mereka tidak dilarang untuk berjualan, cuma diatur supaya jangan membangun lapak-lapak yang permanen,” jelas Sutrisno.

Dikatakan, Pemerintah Kota Mataram memiliki tujuan untuk meningkatkan estetika kota, mengingat Kota Mataram sebagai ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Bisa jadi nanti para pedagang oleh pemerintah dibuatkan seperti tenda-tenda tempat berjualan, yang jelas ini semua untuk memberikan kenyamanan dan ketertiban kepada masyarakat, baik itu pedagang maupun pengunjung Taman Sangkareang,” tandasnya.

Penertiban ini dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diatur dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2011. Sutrisno menegaskan jika tindakan yang dilakukan, merupakan tindakan terakhir setelah sebelumnya telah diberikan himbauan dan teguran secara lisan kepada pedagang.

“Mereka juga kami berikan pilihan untuk membongkar sendiri atau diambil tindakan pembongkaran oleh tim gabungan,” pungkasnya.
(Yyt).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *