Peringatan Hari Pahlawan 2023, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menaburkan bunga di pusara para pahlawan usai upacara peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Media Analis Indonesia, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Ziarah Nasional untuk memperingati Hari Pahlawan 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pada Jumat (10/11/2023).

Tiba di TMP Kalibata pukul 07.45 WIB, Presiden disambut oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Read More

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Kolonel Penerbang Puguh Yulianto selaku komandan upacara.

Dalam suasana hening, sirene kemudian dibunyikan selama satu menit untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Presiden Jokowi selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata dia.

Kepala Negara kemudian meletakkan karangan bunga yang dilanjutkan dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selanjutnya, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi oleh para kepala lembaga negara dan menteri kabinet melaksanakan prosesi tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan.

Tabur bunga antara lain dilakukan di pusara Presiden ke-3 RI BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie, Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden ke-4 RI Umar Wirahadikusumah, serta Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution.

Turut hadir dalam upacara tersebut yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Men Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta Menteri Koperasi Teten Masduki. (*/red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *